Daftar Budaya di Indonesia yang Namanya Sudah Mendunia

Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal memiliki sumber daya alamnya yang kaya raya. Selain itu terdapat 564 bahasa daerah, 1.340 suku bangsa dan banyak lagi yang lain. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak budaya di negara kita tercinta ini? Banyaknya budaya yang ada di Indonesia sempat tercatat di UNESCO. Bahkan tidak sedikit WNA yang terpikat dengan kebudayaan kita. 

Inilah Daftar 6 Budaya di Indonesia yang Mendunia 

Budaya di Indonesia memang sangat beragam. Tak heran banyak yang ingin tinggal di Indonesia hanya untuk mempelajari budaya yang dikagumi. Bila Anda ingin mengetahui budaya apa saja yang diwariskan oleh para leluhur, berikut diantaranya:

1. Tari Kecak

Tari kecak adalah perpaduan antara seni, budaya serta kisah-kisah mistik. Tari kecak merupakan salah satu tarian paling populer untuk wisatawan yang datang dan berkunjung ke Bali. Ada banyak keunikan yang dimiliki oleh tarian ini salah satunya adalah suara cak yang berulang-ulang sampai memiliki irama. Selain itu, gerakan tangan para penari yang terlihat sangat kompak membuat orang-orang terhipnotis untuk menyaksikannya.

2. Reog Ponorogo

Selain itu, ada pula Reog Ponorogo yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Reog Ponorogo merupakan pertunjukan seni yang menggunakan unsur mistik di dalamnya. Pertunjukan reog tidak menggunakan skenario yang sudah disusun. Selain itu, terdapat interaksi yang dilakukan oleh pemain reog serta penonton yang hadir. 

Biasanya pemain reog akan menggunakan topeng dengan berat mencapai hampir 50 kg. Topeng tersebut disangga menggunakan gigi saja. Mungkin kedengarannya tidak nyata, tapi hal ini dapat terjadi sebab latihan fisik dan spiritual yang dilakukan.

3. Tari Pendet

Tidak hanya Tari Kecak saja, Tari Pendet juga termasuk salah satu tarian di Bali yang namanya populer hingga ke Mancanegara. Tarian ini diperkirakan sudah ada sejak 1950. Tujuannya adalah sebagai ucapan selamat datang dan ritual keagamaan. 

Biasanya tarian ini dibawakan oleh sang penari dan putri. Para penari akan membawa mangkuk perak yang di dalamnya terdapat bunga. Ini adalah kebudayaan asli dari Indonesia yang pertama kali dipertontonkan ke dunia pada saat Asean Gems di tahun 1960. Jadi tak heran jika nama tarian ini sudah sangat populer.

4. Pencak Silat

Warisan budaya Indonesia yang namanya sudah mendunia selanjutnya adalah pencak silat. Pencak silat adalah seni bela diri yang saat ini memiliki banyak sekali alirannya. Awal mula seni bela diri namanya mendunia adalah karena salah satu aktor laga di Indonesia yang menujukkan kemampuannya lewat kancah internasional.

5. Tari Saman

Tari saman adalah salah satu tarian dari Gayo, Aceh yang membuat banyak wisatawan luar tertarik untuk melihatnya. Tarian ini umumnya menampilkan sekelompok pria yang melakukan gerakan selang seling. Tidak hanya itu, tarian saman juga ditampilkan saat upacara keagamaan diselenggarakan. Tapi tak jarang, tarian ini juga ditampilkan di Istana Negara pada saat hari raya nasional.

6. Tari Barong

Dan budaya di Indonesia terakhir yang namanya sudah dikenal hingga ke Mancanegara adalah Tari Barong. Ini adalah salah satu tarian khas Bali yang telah ada sejak lama. Tarian ini menceritakan tentang pertarungan antara kebaikan dan kebathilan. Barong merupakan lambang kebaikan yang akan melawan Rangda yang menjadi simbol kejahatan.

Keberagaman budaya Indonesia memang menarik untuk diketahui sehingga dikenal hingga ke Mancanegara. Selaku warga Indonesia, kita sebaiknya mencintai budaya sendiri dan melestarikannya sehingga tidak punah.

Bagikan:

1 komentar

  1. Kita tidak miskin akan budaya dan budya merupakan jantung dari sebuah bangsa dan negara

    BalasHapus

Top Ads

Middle Ads 1

Middle ads

Bottom Ads