Mengenal Tentang Hukum Internasional

Hukum internasional dapat dipahami secara lebih luas dan koheren

Pengertian dari hukum internasional penting untuk dipahami oleh siapa saja. Adapun hukum jenis internasional tersebut adalah bagian dari hukum yang mengatur setiap kegiatan entitas berskala internasional. Selain itu hukum satu ini juga mengurusi struktur maupun perilaku organisasi internasional dalam batasan tertentu, individu sampai perusahaan berskala multinasional sekalipun.

Bukan itu saja, hukum jenis internasional mengatur pula hubungan antarnegara, membuat ketentuan untuk situasi konflik maupun perang serta kewajiban kepada negara-negara. Hal ini berlaku pula untuk badan politik sampai organisasi internasional. Adapun hukum jenis internasional juga termasuk hukum bangsa-bangsa, hukum antar negara maupun hukum antarbangsa yang digunakan untuk memperlihatkan aturan hukum antara raja-raja terdahulu.

Definisi Dari Hukum Internasional 

Sementara itu pengertian dari hukum internasional adalah sebuah sistem hukum independen yang berada di luar tatanan hukum suatu negara. Hukum ini berbeda dari sistem hukum domestic atau tepatnya hukum yang mengatur beberapa hal dalam suatu negara. Adapun pengertian dari hukum jenis internasional yaitu tidak ada sistem pengadilan dengan sistem yurisdiksi yang tergolong komprehensif. 

Praktik dari sistem hukum jenis internasional tak melibatkan kepolisian skala internasional ataupun sistem penegakan hukum yang termasuk komprehensif serta tidak terdapat otoritas sebagai eksekutif tertinggi. Hukum satu ini menjadi bagian dari struktur umum hubungan skala internasional. Bukan itu saja, hukum jenis internasional berperan besar dalam pertimbangan tanggapan dalam situasi internasional tertentu.

Biasanya sebuah negara mempertimbangkan keberadaan hukum internasional yang relevan. Adapun perhatian terhadap hukum jenis internasional difokuskan cukup besar terhadap pelanggaran yang terjadi di dalam hukum tersebut. Peraturan dari hukum jenis internasional sendiri sangat jarang ditetapkan secara militer serta sanksi ekonomi. Sistem hukum seperti ini dipertahankan oleh kepentingan pribadi yang sudah terpecahkan.

Biasanya negara-negara yang melanggar peraturan internasional akan menderita dalam penurunan kredibilitas, Tentu saja hal satu ini bisa merugikan dalam hubungan masa depan bersama negara lain atau hubungan internasional. Pelanggaran terhadap aturan internasional yang sudah dilakukan secara konsisten sudah tentu akan membahayakan nilai-nilai yang dibawa sistem terhadap organisasi internasional, komunitas negara serta aktor lainnya.

Pengertian tentang hukum internasional seperti ini juga perlu dikenali di tanah air. Apalagi senantiasa hukum jenis internasional juga menjadi landasan bagi negara Indonesia dalam pembentukan inisiatif kerjasama internasional, termasuk dalam hal mendorong terciptanya daerah yang makmur dan aman. Negara Indonesia menjadi salah satu contoh negara di Asia yang berkontribusi terhadap pembentukan hukum jenis internasional.

Ini sebagaimana dibuktikan dengan pengakuan konsep negara kelautan di dalam Konvensi Hukum Laut 1982. Selain itu ada pengertian tentang hukum jenis internasional masing-masing para ahli yang mana jika ditarik garis besar sama halnya dengan pengertian di atas. Untuk pengertian dari hukum jenis internasional menurut para ahli yaitu:

Andi Tenripadang

Pengertian dari hukum internasional yaitu bagian hukum yang mana mengatur kegiatan berskala nasional. Awalnya hukum internasional hanya diartikan sebagai sebuah perilaku serta hubungan antara negara. Akan tetapi dalam perkembangan pola hubungan internasional yang kian kompleks, kemudian pengertian ini meluas sampai hukum skala internasional menyangkut pula perilaku dan struktur organisasi internasional dalam batasan tertentu.

Prof Hyde

Definisi dari hukum jenis internasional bisa dirumuskan sebagai sekumpulan hukum yang mana sebagian besar terdiri atas peraturan-peraturan dan asas-asas yang harus ditaati oleh setiap negara. Oleh karena itu hukum jenis internasional harus ditaati saat negara-negara saling berhubungan satu sama lain.

Mochtar Kusumaatmadja

Maksud dari hukum internasional yaitu keseluruhan kaedah dan asa yang mengatur hubungan atau persoalan. Dimana persoalan tersebut melintasi batas-batas negara antara satu negara dengan negara maupun satu negara dengan subjek hukum lain yang mana bukan negara ataupun subjek hukum.

Peranan Keberadaan Hukum Internasional 

Sesudah memahami tentang hukum internasional , Anda juga harus mengenali peranannya. Pada dasarnya hukum jenis internasional tak jauh berbeda dengan hukum yang ada dan berlaku di sebuah negara. Ini persis seperti peranan yang dipunyai hukum jenis internasional sesungguhnya. Hanya saja sistem hukum jenis internasional berpengaruh terhadap hubungan internasional antara sebuah negara dengan negara lainnya.

Di bawah ini adalah peranan dari hukum jenis internasional menurut para ahli:

Peran Hukum Jenis Internasional Menurut Jeremy Bentham

Peranan dari hukum jenis internasional yaitu untuk mencapai kemanfaatan. Hal ini mengartikan hukum akan dan bisa menjamin kebahagiaan untuk orang banyak. Teori seperti itu juga dikenal dengan teori utilities.

Peranan Menurut Mochtar Kusumaatmadja

Peranan sistem hukum internasional yaitu menciptakan suatu ketertiban sehingga menjadi pokok terbentuknya sebuah struktur sosial yang pada dasarnya teratur. Bukan itu saja, hukum mempunyai tujuan lain yaitu membuat keadilan yang sesuai berdasarkan masyarakat serta zaman bisa terwujud.

Geny

Adapun peranan dari hukum internasional adalah guna mencapai adanya keadilan serta juga sebagai unsur keadilan. Tujuan dari unsur keadilan tersebut yaitu untuk kepentingan daya guna dan kemanfaatan.

Immanuel Kant

Peranan sebuah hukum jenis internasional yaitu keseluruhan syarat yang dengan kehendak bebas dari seseorang dan bisa menyesuaikan diri bersama lainnya untuk menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan.

Aristoteles

Peran dari hukum internasional yaitu untuk mencapai sebuah keadilan. Ini mengartikan memberikan kepada setiap orang apa yang telah menjadi haknya. Teori tersebut saat ini dikenal dengan teori etis.

Jenis Hukum Skala Internasional

Selain itu ada beberapa jenis hukum skala internasional yang tak kalah penting dipahami oleh Anda.

Hukum Jenis Internasional Regional

Suatu hukum jenis internasional yang berlaku atau sifatnya terbatas daerah lingkungan sebagai tempat berlakunya. Ini seperti hukum skala internasional Amerika ataupun Amerika Latin dan konsep landasan kontinen atau Continental Shelf. Selain itu ada juga konsep perlindungan kekayaan hayati laut. Dimana awalnya tumbuh di benua Amerika sampai menjadi hukum jenis Internasional Umum.

Hukum Skala Internasional Khusus

Selain itu ada juga hukum internasional dalam bentuk kaidah yang khususnya berlaku untuk negara-negara tertentu. Ini seperti Konvensi Eropa tentang HAM sebagai cerminan dari kebutuhan, keadaan, taraf perkembangan serta tingkat integritas berbeda-beda dari bagian dalam masyarakat yang juga berlainan. 

Lain halnya dengan regional yang mana tumbuh lewat proses hukum kebiasaan. Pengertian dari hukum jenis internasional yaitu keseluruhan kaidah serta asas yang di dalamnya mengatur persoalan dan hubungan yang sampai melintasi batas negara antara negara dengan negara serta negara dengan subyek hukum lain. Bisa pula bukan negara tau subjek hukum dan bukan negara antara satu sama lainnya.

Itulah pengertian dari hukum internasional secara lengkap dan akurat yang wajib Anda ketahui. Selain itu Anda juga memahami jenis-jenis dari hukum skala internasional dan kegunaan dari keberadaan hukum tersebut jika diterapkan di masing-masing negara belahan seluruh dunia termasuk Indonesia.


Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle ads

Bottom Ads