Contoh Produk Budaya Indonesia yang Telah Diakui di Dunia


Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan produk budayanya sehingga bisa menjadi nilai penting untuk bangsa Indonesia. Produk budaya Indonesia harus dilestarikan. Tidak sekedar unik saja, tapi berbagai produk budaya juga sudah memiliki nama-nama yang mendunia. Tapi apa saja produk budaya di Indonesia yang sudah diakui dunia? Simak terus pembahasannya di bawah ini.
Contoh Produk Budaya Indonesia yang Diakui Oleh Dunia:

Baca juga: Kemungkinan Malioboro jadi Museum

1. Batik

Bila Anda adalah warga negara Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan kain satu ini. Batik adalah kain khas tradisional yang sudah mendunia berkat motif-motif yang unik dan cantik. Cara membentuk corak pada batik adalah dengan menggunakan tinta lilin panas dan canting. Sementara untuk kainnya sendiri adalah kain sutra atau kain katun. Penggunaan kain batik sudah ada sejak lama dan  terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

2. Wayang

Selain itu, produk budaya asli Indonesia yang namanya sudah mendunia adalah wayang. Beragam versi atau bentuk wayang harus kita ketahui sebagai warna negara Indonesia. Mulai dari wayang kulit yang asalnya adalah dari kulit sapi. Kulit tersebut dikeringkan terlebih dahulu baru dipotong dan diberikan warna. Selain itu ada wayang golek yang bahan dasar pembuatannya adalah kayu. Terakhir ada wayang orang yang ada di zaman modern ini.

Lewat pertunjukan wayang, kita akan mendengarkan alunan musik gamelan yang fungsinya adalah pemanis pada pertunjukan yang dilakukan. Sebab wayang benar-benar mempertahankan tradisi leluhur Indonesia sehingga harus dijaga dengan baik keutuhannya.

3. Angklung

Alat musik angklung hingga saat ini masih sangat populer. Karena alat ini bisa dilihat di sekolah-sekolah serta beberapa kesempatan dimana alat musik asli Indonesia masih terus digunakan. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara menjaga kelestariannya, terdapat museum angklum bernama Saung Angklung Udjo di Kota Banding. Angklung sendiri adalah salah satu alat musik yang sudah diakui UNESCO pada tahun 2010.

4. Perahu Pinisi

Produk budaya yang keempat adalah perahu pinisi. Perahu ini adalah sebuah perahu layar hasil warisan masyarakat Bugis dan sudah menjadi warisan Budaya Takbenda yang tercatat di UNESCO pada tahun 2017 silam. Perahu ini dibawa mengelilingi dunia oleh angkatan laut Indonesia. Teknik pembuatannya diajarkan oleh pelaut Bugis yang turun temurun hingga saat ini.

5. Keris

Warisan budaya Indonesia yang populer selanjutnya adalah keris. Keris adalah senjata tradisional asal pulau Jawa yang masuk ke UNESCO tahun 2008. Meski sebelumnya sudah diproklamirkan sejak tahun 2015. Produk keris ini kerap digunakan saat upacaa khusus ataupun kehidupan sehari-hari. Umumnya keris digunakan sebagai aksesoris busana adat atau benda pusaka yang diwariskan dari generasi ke generasi.

6. Gamelan

Dan terakhir ada produk gamelan yang juga merupakan produk budaya asli Indonesia. Jadi selain angklung, ada pula alat musik gamelan yang umumnya terdapat beberapa alat musik lain mulai dari saron, gong, gambang hingga gendang. Semuanya dimainkan dengan cara dipukul. Alat musiknya sendiri awalnya berkembang sejak zaman Hindu Budha. Gamelan digunakan untuk mengiringi tarian, pertunjukan wayang hingga tembang.

Itulah beberapa produk budaya asli Indonesia yang namanya sudah dikenal di dunia. Sebagai warga negara yang baik, kita harus turut melestarikan apa yang telah diwariskan oleh nenek moyang terdahulu. Apalagi produk-produk warisan budaya yang kita miliki sudah terkenal luas. Jadi jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga warisan budaya Indonesia? Semoga bermanfaat.
Bagikan:

1 komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle ads

Bottom Ads