Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Kehidupan Sosial kita

Media sosial dapat memberikan efek positif sekaligus negatif terhadap kita

Jawabannya tidak sederhana karena media sosial itu sangat rumit dan kompleks mengingat ini merupakan sesuatu hal yang baru dalam dunia kehidupan manusia. 

Ada banyak cara yang berbeda dalam media sosial yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial kita. Media sosial juga dapat menghubungkan kita dengan orang-orang yang tidak akan pernah kita temui sebelumnya, hal ini dapat membantu kita tetap berhubungan dengan teman dan keluarga yang tinggal jauh, dan itu dapat memberi kita tempat untuk berbagi pikiran dan perasaan kita.

Namun, media sosial juga dapat memiliki efek negatif pada kehidupan sosial kita. Media sosial dapat mengisolasi kita dari orang-orang yang bersama kita secara pribadi, dan membuat kita merasa buruk tentang diri sendiri, dan itu juga dapat membuat seakan merasa perlu membandingkan hidup kita dengan kehidupan orang lain.

Media Sosial Telah Menciptakan Norma Sosial Baru

Kalian Mungkin akrab dengan pepatah, "aturan dimaksudkan untuk dilanggar". Nah, ini terutama benar jika menyangkut media sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial kita.

Berkat media sosial, kita sekarang hidup di dunia dimana ada norma-norma sosial baru. Misalnya, sekarang dianggap normal untuk memposting tentang setiap tindakan atau foto kita di Instagram, atau melakukan percakapan publik di Twitter. Dan jangan lupa tentang "selfie" yang selalu populer.

Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa media sosial telah membuat kita lebih terhubung satu sama lain, namun dibalik itu bahwa sebenarnya media sosial justru memiliki efek sebaliknya. Kita sekarang lebih jarang berinteraksi secara langsung karena terlalu sibuk dengan urusan di dunia maya. 

Media Sosial Telah Meningkatkan Interaksi Sosial

Kalian mungkin berpikir bahwa media sosial memiliki dampak negatif pada kehidupan sosial kita, tetapi tidak selalu demikian. Faktanya, media sosial sebenarnya telah meningkatkan interaksi sosial kita dalam banyak hal.

Pertama, media sosial memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga yang tinggal jauh. Kita dapat mengikuti kehidupan mereka dan berbagi pengalaman kita sendiri dengan mereka tanpa harus meninggalkan rumah kita.

Ditambah, media sosial memberi kita kesempatan untuk bertemu orang baru. Kita dapat bergabung dengan grup dan forum berdasarkan minat dan hobi yang sama, dan terhubung dengan orang-orang yang berpikiran serupa dari seluruh dunia. Karenanya kita dapat mengarahkan pada persahabatan dan hubungan yang berharga yang mungkin tidak dapat kita bentuk dengan cara lain.

Media Sosial Telah Menyebabkan Terbentuknya Hubungan Baru

Kalian mungkin pernah mendengar orang mengatakan bahwa media sosial telah merusak kehidupan sosial kita. Dan memang benar bahwa media sosial dapat memiliki efek negatif pada hubungan kita, juga benar bahwa itu dapat memiliki efek positif.

Misalnya, media sosial dapat membantu kita membentuk hubungan baru. Kita dapat berteman dengan orang-orang dari seluruh dunia, dan kita dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Media sosial telah membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan orang-orang yang berpikiran sama, dan ini telah mengarah pada pembentukan dari banyaknya hubungan baru baik nasional maupun internasional. 

Media Sosial Telah Berdampak Positif pada Kehidupan Sosial Kita

Kalian mungkin terkejut mendengar hal ini, tetapi media sosial ternyata memiliki dampak positif bagi kehidupan sosial kita! Percaya atau tidak, platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah memberi kita kemampuan untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga di seluruh dunia yang belum pernah cara seperti ini sebelumnya, memang ada alat komunikasi lain seperti telepon, telegraf, surat dll namun alat tersebut memiliki banyak kekurangan. Karena itu dengan adanya media sosial, kita dapat secara langsung menyaksikan kehadiran orang lain melalui berbagai platform yang ada. 

Tentu, ada beberapa aspek negatif dari media sosial (seperti cara media sosial dapat digunakan untuk menyebarkan ujaran kebencian atau cyberbullying), tetapi secara keseluruhan, saya pikir itu tidak selamanya media sosial selalu buruk. Ini memungkinkan kita untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang mungkin tidak dapat kita lakukan sekarang, dan telah menciptakan peluang baru untuk bersosialisasi dan bertemu orang yang jauh.

Media Sosial Memiliki Dampak Negatif pada Kehidupan Sosial Kita

Media sosial juga memiliki dampak negatif pada kehidupan sosial kita. Hal ini menciptakan generasi orang yang kecanduan layar dan tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi langsung secara tatap muka.

Saat ini, orang lebih suka memposting tentang kehidupan mereka di media sosial daripada benar-benar mengalaminya. Kita menjadi begitu terobsesi dengan mendokumentasikan setiap hal kecil sehingga kita lupa bagaimana menikmati hidup. Kita begitu terjebak dengan apa yang orang lain posting sehingga kita kehilangan kehidupan kita sendiri.

Media sosial juga telah menciptakan generasi orang yang terus-menerus membandingkan diri mereka dengan orang lain. Kita melihat kehidupan orang lain yang sempurna dan mulai merasa kita tidak cukup baik. Hal ini dapat menyebabkan depresi dan kecemasan secara berlebihan.

Media Sosial Memiliki Dampak Beragam pada Kehidupan Sosial Kita

Kalian mungkin pernah mendengar ketika orang mengatakan bahwa media sosial memiliki dampak negatif pada kehidupan sosial kita. Dan memang benar bahwa, dalam beberapa hal, media sosial telah mengubah cara kita berinteraksi satu sama lain. Misalnya, mungkin sulit untuk melakukan percakapan dengan seseorang ketika mereka terus-menerus memeriksa ponselnya. Namun, pada saat yang sama, media sosial juga membantu kami terhubung satu sama lain dengan cara baru dan menarik.

Ambil contoh, cara kita menggunakan media sosial untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga yang tinggal jauh. Atau cara kita menggunakannya untuk mengikuti selebriti dan blogger favorit kita. Atau cara kita menggunakannya untuk bergabung dengan grup dan komunitas yang memiliki minat yang sama. Media sosial telah memberi kita cara baru untuk berkomunikasi dan terhubung satu sama lain.

Akhir Kata

Cukup serius untuk mengatakan bahwa media sosial memiliki dampak besar pada cara kita bersosialisasi. Meski ada sisi positifnya, ada juga sisi negatifnya. Bagaimana kita tahu kapan harus menarik garis ketika sedang berada secara online maupun offline?

Ini memang terdengar cukup rumit, tetapi penting untuk memperhatikan bagaimana media sosial mempengaruhi kehidupan sosial kita. Terlalu mudah untuk terlibat aktif dalam dunia maya dan melupakan orang-orang yang ada di depan kita. Jadi, bagaimana kita mencegah hal itu terjadi?

Itu tidak selalu mudah, tetapi cobalah untuk melakukan upaya sadar untuk terhubung dengan orang-orang secara langsung bila memungkinkan. Dengan begitu, kalian akan dapat menikmati momen terbaik dari kedua dunia ( online/offline) tersebut. 

 

 


Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle ads

Bottom Ads