Pengertian Sumber Sejarah Berdasarkan Berbagai Hal

Menulis dalam kegelapan

Ilmu sejarah yang selama ini dipelajari berasal dari hasil kegiatan penelitian tentang peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu. Dalam prosesnya tentu saja para ahli sejarah memerlukan landasan berupa sumber sejarah agar bisa memvalidasi kebenaran dari kejadian tersebut. Kebenaran sumber sejarah juga harus dipertanggungjawabkan lantaran sejarah merupakan bagian kajian ilmiah. Tetapi tahukah Anda apa itu pengertian sumber sejarah?

Untuk mengolah berbagai sumber sejarah, biasanya peneliti akan mengelola sumber sejarah itu kemudian menafsirkannya menggunakan teknik interpretasi. Adapun teknik interpretasi adalah sebuah metode untuk menerjemahkan suatu informasi dari objek tertentu yang tidak terdapat tulisannya menjadi tulisan maupun informasi lisan. Saat peneliti menemukan catatan kuno di batu yang diukir maka mereka menafsirkannya menggunakan teknik tersebut.

Inilah Pengertian Sumber Sejarah

Menurut R. Moh Ali, pengertian sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berbentuk dan tak berwujud serta berguna untuk penelitian sejarah Indonesia sejak zaman purba hingga sekarang. Sebagai sebuah pedoman tentu saja sumber sejarah mempunyai berbagai bentuk mulai dari tulisan, lisan sampai audio visual. Pada dasarnya sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang akan memberitahu kita tentang sejarah ataupun peristiwa di masa lalu.

Sumber sejarah juga bisa dikatakan sebagai data sejarah lantaran informasi yang ada dipakai sebagai acuan untuk menyusun lagi peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu. Adapun informasi yang didapat dari data sejarah bisa berupa keterangan lokasi peristiwa itu terjadi, kapan terjadinya, bagaimana kejadian itu bisa berlangsung sampai siapa saja pelakunya yang terlibat di dalam sejarah tersebut.

Data itu yang kemudian dipakai oleh para ahli sejarah untuk merekonstruksi peristiwa sejarah yang berlangsung. Dari pengertian sumber sejarah, pastinya timbul pertanyaan kenapa harus memakai sumber sejarah? Hal ini karena peristiwa bersejarah bersifat non fiksi serta harus benar-benar terjadi pada masa lalu. Jika tidak ada sumber sejarah maka tak ada data yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga peristiwa itu tidak bisa dikategorikan sebagai sejarah.

Macam-macam Sumber Sejarah

Tak hanya pengertian sumber sejarah, kita juga wajib memahami tentang jenis sumber sejarah itu sendiri. Melansir dari Permendikbud No. 69 Tahun 2016, sumber-sumber sejarah mempunyai beberapa jenis berdasarkan bentuk dan sifatnya. Informasi tentang jenis sumber sejarah itu sendiri bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sumber Primer

Untuk pengertian sumber sejarah primer adalah kesaksian dari seseorang yang sebelumnya pernah melihat peristiwa langsung dengan indera yang ia miliki baik menggunakan mata ataupun memakai indera lainnya. Informasi tersebut didapatkan dari orang yang secara langsung terlibat di dalam peristiwa sejarah.

Informasi yang akan didapat berupa lisan, tulisan maupun audio visual tentang sejarah tersebut. Sumber sejarah primer dibuat selama periode waktu tertentu di masa lalu menurut sudut pandang pelaku sebagai pengamat langsung kejadian sejarah pada masa lampu. Oleh sebab itulah sumber primer harus sezaman dengan kejadian sejarah di masa tersebut.

Dalam konteks penelitian historis, sumber sejarah primer adalah sumber yang dibuat selama periode waktu tertentu dan tengah dipelajari. Dalam pengertian sumber sejarah primer juga memungkinkan para peneliti sedekat mungkin dengan kejadian sebenarnya yang terjadi selama peristiwa sejarah ataupun periode waktu tertentu.

2. Sumber Sekunder

Jenis sumber sejarah berikutnya adalah sekunder. Adapun sumber sejarah sekunder adalah kesaksian yang berasal dari seseorang dan tidak terlibat secara langsung di dalam peristiwa sejarah pada masa lalu. Sumber sekunder tersebut dapat berupa lisan, tulisan, serta audio visual. Sumber sejarah sekunder tidak memberikan bukti kepada langsung oleh pelaku. Tetapi sumber ini memberikan informasi dari data primer yang telah ditafsirkan atau direkonstruksi.

Biasanya penulis akan melakukan penelitian secara langsung terhadap sebuah peristiwa sejarah yang tengah dibahas. Berdasarkan pengertian sumber sejarah sekunder, maka para sejarawan akan menghabiskan cukup banyak waktu dengan sumber sekunder seperti bersama sumber primer. Hal ini bertujuan agar memahami bagaimana para sejarawan lain menafsirkan sebuah peristiwa yang tidak jelas serta mungkin saja tak sepakat dengan analisis mereka.

3. Sumber Tersier

Jenis sumber sejarah yang ketiga adalah sumber tersier. Adapun pengertian sumber sejarah tersier adalah kumpulan dari sumber sejarah yang berasal dari sumber sejarah sekunder dan sudah ditafsirkan kembali. Sumber sejarah tersebut adalah kumpulan dari sejumlah hasil penelitian ahli sejarah yang sudah dianalisis.

Untuk jenis sumber sejarah yang termasuk dalam sumber sejarah tersier ini yaitu buku-buku sejarah berdasarkan laporan hasil penelitian para ahli sejarah. Umumnya penulis tak melakukan penelitian secara langsung tentang topik-topik yang dibahas dalam penelitian sejarah tersebut.

Sumber Sejarah Berdasarkan Bentuknya

Ada sejumlah sumber sejarah yang dikategorikan berbeda berdasarkan bentuknya. Adapun jenis sumber sejarah tersebut antara lain:

1. Sumber Tertulis

Jenis sumber sejarah berdasarkan bentuknya yang pertama adalah sumber tertulis. Pengertian sumber sejarah tertulis adalah sumber sejarah yang didapat dari peninggalan-peninggalan kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu. Bentuk dari sejarah tertulis berupa piagam, prasasti, naskah, dokumen, laporan sampai surat kabar.

2. Sumber Lisan

Berikutnya ada jenis sumber lisan yang merupakan keterangan secara langsung dari orang-orang yang sudah mengalami peristiwa sejarah tersebut. Tak hanya didapatkan dari orang-orang yang langsung mengalami peristiwa itu, sumber lisan juga bisa didapatkan dari kerabat ataupun orang lain yang tahu peristiwa itu secara rinci. Dengan kata lain, sumber sejarah lisan bisa dipakai untuk sumber sekunder dan primer, contohnya wawancara.

Pada dasarnya, informasi yang didapat dari sumber lisan tidak langsung dijadikan acuan. Hal ini terjadi karena tidak semuanya pelaku sejarah akan ingat dengan peristiwa yang bersejarah secara detail. Dengan demikian penggunaan sumber lisan ini harus dibarengi dengan sumber tulisan yang menjadi penunjangnya.

3. Sumber Benda

Untuk jenis sumber sejarah berdasarkan bentuk berikutnya ada sumber benda. Adapun pengertian sumber sejarah benda adalah sumber yang asalnya dari berbagai peninggalan sejarah berupa benda-benda kebudayaan. Contoh dari sumber daya benda antara lain perkakas dari batu, perhiasan, patung, candi, bangunan lain ataupun senjata.

Contoh Dari Sumber Sejarah

Agar lebih memahami tentang pengertian sumber sejarah, penting juga untuk Anda mengetahui contoh dari sumber sejarah tersebut. Dengan demikian Anda dapat memiliki gambaran tentang sumber sejarah yang dimaksud. Beberapa contoh dari sumber sejarah itu antara lain:

1. Foto-foto

Foto adalah sumber sejarah yang biasanya akurat dan berbentuk visual. Foto di dalam bentuk primer umumnya tersimpan di dalam arsip pemerintah dan bisa digunakan sebagai sumber sejarah jika foto tersebut berhubungan erat dengan kejadian bersejarah.

2. Dokumen

Ada juga dokumen yang merupakan sumber tertulis dan digunakan oleh ahli sejarah untuk mengkaji peristiwa bersejarah. Dokumen tersebut ada yang dipakai sebagai sumber primer maupun sumber sekunder.

Itulah informasi pengertian sumber sejarah yang bisa Anda pahami sehingga tahu bagaimana sejarah itu bisa muncul di masyarakat. Kita harus selalu mengenal sejarah apa pun untuk menambah pengetahuan.

Bagikan: