Inilah Berbagai Jenis Norma Sosial yang Harus Diketahui

Realitas kehidupan manusia di tengah-tengah masyarakat

Di kehidupan ini ada banyak jenis norma sosial yang penting untuk kita paham. Adapun norma sosial merupakan suatu hal yang dipegang teguh oleh masyarakat sampai sekarang. Sebelum membahas lebih dalam tentang norma sosial apakah Anda sudah mengetahui perbedaannya dengan nilai sosial? Norma sendiri merupakan semua aturan yang sifatnya mengikat masyarakat. Dimana aturan tersebut dapat berupa larangan ataupun perintah.

Norma mempunyai sifat mengikat dan wajib ditaati oleh masyarakat yang tinggal di dalam suatu wilayah. Selain itu norma pun dibuat dengan tujuan untuk membatasi perilaku individu supaya tidak membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan nilai sosial bersifat relatif atau tidak mutlak. Nilai yang dianut oleh masing-masing orang bisa saja berbeda lantaran sesuatu yang dianggap benar belum tentu sama di mata orang lain.

Inilah Jenis Norma Sosial

Sebelum membahas tentang jenis norma sosial perlu Anda pahami tentang pengertian dari norma sosial itu sendiri. Seperti yang sudah dibahas di atas, norma sosial bisa diartikan sebagai seperangkat aturan ataupun panduan hidup yang umumnya tidak tertulis serta berlaku di masyarakat. Kehadiran norma sendiri bisa mempengaruhi tindakan serta kehidupan sosial secara lebih luas. Tanpa adanya norma di dalam kehidupan kita, maka masyarakat menjadi kacau.

Norma sosial bisa dibilang sebagai seperangkat aturan yang umumnya disertai banyak sanksi tertulis maupun tidak berfungsi sebagai pemandu dalam kehidupan sosial setiap anggota masyarakat. Sederhananya kitab isa mengatakan bahwa norma sosial adalah salah satu hal yang membuat suatu tindakan sosial disebut normal.

Sebagai peraturan, norma sendiri mempunyai sifat memandu, menentukan, mempengaruhi sampai mengatur tindakan seseorang. Di dalam sosiologi sendiri, norma merupakan bagian dari struktur sosial. Saat mempelajari jenis norma sosial sama saja belajar tentang memahami cara struktur sosial membuat tindakan di masyarakat bisa terlihat dalam bentuk pola yang lebih teratur. Karena itulah apabila norma dilanggar otomatis sistem sosial menjadi terganggu.

Sebaliknya kalau norma sosial ditaati maka sistem sosial berjalan seperti seharusnya. Menurut seorang sosiolog bernama Emile Durkheim, tanpa adanya norma sosial maka masyarakat akan berantakan. Kekacauan yang merupakan anomali dalam sistem sosial teratur juga akan terjadi. Durkheim sendiri menyebut fenomena itu sebagai anomie yaitu sebuah kondisi sosial tanpa aturan, tanpa adanya norma serta tidak ada keteraturan.

Fungsi Norma Sosial

Norma sosial sendiri tidak akan hadir tanpa ada fungsi di tengah-tengah masyarakat. Adapun jenis norma sosial juga mempunyai kekuatan di dalam mengikat anggota masyarakat yang berbeda. Diman jenis norma tersebut ada yang mengikat dengan begitu kuat dan ada juga yang longgar. Untuk memahami tingkatan norma dan seberapa besar sanksi yang dapat diterima oleh seseorang saat melanggar perlu melihat jenis-jenis norma sosial yang ada di kehidupan bermasyarakat.

Seorang sosiolog Indonesia pun menjelaskan tentang hadirnya norma di dalam kehidupan sosial. Menurutnya norma yang ada di masyarakat sendiri mempunyai sejumlah fungsi yang begitu krusial. Fungsi dari norma sosial tersebut yaitu sebagai pedoman hidup yang berlaku untuk suatu individu ataupun masyarakat di lokasi serta waktu lebih spesifik.

Jenis-Jenis Norma Sosial

Norma sosial sendiri dibagi dalam sejumlah jenis. Adapun jenis norma sosial tersebut antara lain:

1. Kebiasaan atau Folkways

Folkways bisa pula disebut sebagai norma kebiasaan. Umumnya kita akan mengetuk pintu serta memberikan salam saat bertamu ke rumah orang lain ataupun tetangga sekalipun. Nah saat bertamu dan tidak melakukan kebiasaan itu, maka Anda akan dinilai sebagai orang yang tidak sopan atau tidak mempunyai tata krama. Biasanya jenis hukuman yang diterima dari pelanggaran norma tersebut yaitu teguran.

2. Usage

Untuk jenis norma sosial berikutnya adalah norma usage yang juga dikenal sebagai norma cara. Ini adalah sebuah aturan yang jika tidak diterapkan maka orang itu akan mengalami celaan. Misalnya saja yaitu saat kita berkunjung ke luar negeri yang mana masyarakatnya makan menggunakan sendok dan garpu. Tetapi karena Anda biasanya makan menggunakan tangan langsung pada akhirnya memutuskan untuk menyantap makanan tersebut dengan tangan.

Secara kebetulan masyarakat di negara tersebut melihat cara akan Anda sangat tidak elok untuk dilihat. Maka orang nantinya akan mencemooh Anda dengan cara makan seperti itu. Karena itulah norma sosial saat makan juga penting untuk diterapkan jika Anda berada di tempat tertentu.

3. Mores

Adapun jenis norma sosial yang ketiga adalah mores dan juga biasa dikenal dengan tata kelakuan seseorang. Tata kelakuan adalah sebuah aturan yang mengontrol perilaku para masyarakat dan akan memberikan sanksi kalau seseorang tidak menjalankan peraturan tersebut. Misalnya saja saat seseorang membunuh, mengkonsumsi narkoba, memperkosa serta segala macam tindakan kriminal lain.

Saat dilakukan, orang itu akan diberikan sanksi berupa kurungan penjara maupun hukuman pidana di negara yang menjadi tempat kejahatan terjadi. Saat melakukan jenis pelanggaran ini seperti konsumsi narkoba, mencuri, serta tindakan pelanggaran lainnya maka pelanggaran norma mores lantaran dapat merugikan diri sendiri dan membahayakan keselamatan serta merugikan orang lain.

4. Custom

Berikutnya ada juga jenis norma sosial bernama custom. Aturan custom pun dapat disebut sebagai adat istiadat. Aturan tersebut biasanya hadir lantaran peraturan yang disepakati oleh kelompok masyarakat tertentu. Peraturan adat sendiri berisi pedoman tingkah laku. Dimana saat seseorang melanggar aturan tersebut, maka biasanya akan diberikan hukuman yang berupa sanksi adat setempat.

Misalnya saja saat lempar beras yang menjadi salah satu adat perkawinan di sebuah desa. Tetapi kalau ada pasangan yang menikah tanpa melakukan adat lempar beras, maka masyarakat di sana bisa memandangnya dengan pandangan aneh. Untuk sanksi yang cenderung lebih jauh, maka perkawinan pun dapat dianggap tak sah lantaran tidak dilaksanakan sesuai berdasarkan adat istiadat setempat yang berlaku.

5. Norma Hukum

Ada pula jenis norma sosial berupa norma hukum yang merupakan sebuah aturan dengan sanksi yang pasti. Hal ini lantaran norma hukum berbentuk hukum tertulis yang telah disepakati secara legal. Sanksi tersebut berlaku untuk seseorang yang sudah melanggar norma dan bisa diberikan hukuman sesuai berupa perdata atau pidana.

6. Norma Agama

Norma agama sendiri hadir serta bersumber dari keyakinan masyarakat terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa. Norma tersebut bisa dibilang mengambil inspirasi dari pelajaran agama lewat ayat-ayat tuhan yang hadir di dalam sebuah kitab suci. Umumnya aturan yang hadir dari norma agama sendiri berupa perintah serta larangan dan sesuai berdasarkan isi kitab suci. Aturan itu pun berfungsi sebagai panduan hidup untuk masyarakat.

Itulah informasi tentang jenis norma sosial yang ada di tengah masyarakat. Anda perlu memahami jenis-jenis dalam norma sosial di masyarakat untuk tidak melanggarnya dan tidak mendapatkan sanksi dari pelanggaran tersebut. 

Bagikan: