Pahami Jenis Sistem Politik yang Ada di Seluruh Dunia

Politik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena berartikan tujuan yang ingin dicapai

Sistem politik adalah salah satu hal yang cukup rentan jika dibahas dalam sebuah berita. Rupanya ada banyak jenis sistem politik di dunia ini dengan perbedaan dan karakteristiknya tersendiri. Pada umumnya sistem politik berbeda-beda untuk setiap negara. Hal tersebut lantaran pedoman dasar dari setiap negara jelas berbeda. Contohnya saja negara Indonesia yang mempunyai pedoman dasar berupa Pancasila dan UUD.

Setiap pemerintahan negara yang ada di dunia ini pastinya menggunakan sistem politik berbeda. Sistem politik yang ada di berbagai negara merupakan pedoman tata cara memerintah negara yang baik. Sistem politik itu meliputi cara pemilihan pemimpin negara, pedoman dasar negara smpai cara perumusan peraturan serta UU negara. Sistem politik itu juga mencakup interaksi yang biasanya terjadi antara rakyat dengan para pejabat di pemerintahan.

Inilah Jenis Sistem Politik

Karena berbeda di setiap negara, tentu saja setiap jenis sistem politik mempunyai pengertiannya tersendiri. Di berbagai negara yang ada di dunia ini mempunyai sistem politik yang berbeda serta sesuai dengan hakikat bangsa yang berlaku. Sebelum memahami macam-macam sistem politik yang ada di dunia ini, apakah Anda sudah mengetahui tentang pengertian sistem politik itu sendiri yang mana juga ada di negara Indonesia?

Sebagai informasi, secara umum sistem politik adalah hubungan interaksi dalam proses pengambilan kebijakan atau pemerintahan yang terjalin antara pemerintah dengan rakyat demi tujuan kebaikan bersama. Bukan itu saja, sistem politik juga dipakai untuk menetapkan ataupun merumuskan hal-hal yang akan dicapai oleh wilayah tertentu. Secara umum, sistem politik memang bisa dibagi menjadi dua kategori.

Adapun kategori dalam jenis sistem politik itu sendiri yaitu totaliter atau otoriter sampai sistem politik demokrasi. Macam sistem politik tersebut mempunyai definisi, kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Selain itu cakupan sistem politik yang ada di berbagai negara dunia memang berbeda-beda. Kendati demikian sistem politik memiliki satu inti yang sama yakni membuat sebuah pemerintahan negara yang baik.

Adapun penetapan sebuah sistem politik yang ada di berbagai negara dunia ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang bisa menjadi pertimbangan. Berikut ini ada sejumlah faktor pertimbangan dalam menentukan sistem politik yang berlaku di sebuah negara antara lain:

· Latar belakang sejarah sebuah negara

· Pedoman atau ideologi yang dianut negara

· Pedoman di bidang filsafat negara

· Kondisi sosiologis sebuah negara

· Kondisi budaya negara

· Keadaan kejiwaan rakyat negara alias psychosocial

· Konstitusi dan pedoman hukum negara


Macam-Macam Sistem Politik yang Ada di Berbagai Negara di Dunia

Sistem politik di berbagai negara dunia bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun setiap jenis sistem politik mempunyai pengertian serta ciri khasnya masing-masing. Di bawah ini adalah macam-macam sistem politik yang ada di berbagai negara dunia untuk Anda simak:

1. Sistem Politik Liberal

Untuk jenis sistem politik di berbagai negara yang ada di dunia pertama yaitu sistem politik dengan sifat liberal. Berdasarkan pendapat dari Cambridge Dictionary, untuk sistem politik liberal mempunyai arti yaitu sebuah sistem perwakilan demokrasi yang bekerja memakai asas liberalism yang artinya menjaga hak setiap individu dengan mewujudkannya di dalam suatu aturan tertentu.

Adapun sistem politik satu ini mempunyai ciri utama yakni kekuasaan negara berada di tangan parlemen. Selain itu sistem politik liberal turut memiliki kelebihan dan kekurangan. Sistem politik liberal mempunyai kelebihan yakni penyalahgunaan jabatan cenderung kecil.

Hal ini mungkin saja terjadi lantaran kekuasaan tak dipegang oleh satu parlemen. Sementara itu kekurangan dari jenis sistem politik satu ini yakni bisa mendorong terjadinya monopoli kekuasaan yang diperbuat oleh kelompok sebagai pemangku jabatan.

2. Sistem Politik Komunis

Jenis sebuah sistem politik di berbagai negara berikutnya adalah politik yang sifatnya komunis. Adapun sistem politik komunis adalah jenis politik yang menempatkan negara sebagai pihak pengatur dan mempunyai kekuasaan secara penuh atas semua bagian kehidupan bernegara. Sistem politik satu ini mengatur sejumlah aspek dalam hal bernegara yang meliputi aspek ekonomi, aspek politik.

Selain itu jenis sistem politik komunis juga mengatur aspek kepercayaan yang harus dianut oleh masing-masing masyarakat serta aspek lain yang bersifat baik ataupun buruk untuk warga negaranya. Dalam hal tersebut masyarakat berperan sebagai pelayan di dalam suatu negara. Pelayanan yang dilakukan oleh masyarakat ini bisa berupa kelebihan kapasitas yang sudah ditetapkan serta bekerja dalam pemerintahan.

3. Sistem Politik Parlementer

Ada juga sistem politik di berbagai negara yang berbentuk sistem politik parlementer. Adapun sistem politik parlementer adalah suatu sistem politik yang mana menetapkan parlemen selaku pemegang kekuasaan paling tinggi. Sistem politik tersebut menganut presiden yang mempunyai tugas untuk memimpin sebuah negara serta perdana menteri bertugas untuk memimpin sistem pemerintahan negara tersebut.

Di samping itu, jenis sistem politik satu ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihan dari sistem politik parlementer adalah menghargai setiap pendapat publik yang membuatnya lebih bersifat fleksibel. Sementara itu kekurangan dari sistem politik tersebut yakni tidak terdapat perbedaan yang jelas antara kekuasaan eksekutif maupun legislatif. Bukan itu saja, pelaksanaan sistem pemerintahannya juga tidak stabil.

4. Sistem Politik Presidensial

Berikutnya ada juga sistem politik di berbagai negara dunia yang sifatnya presidensial. Adapun sistem politik presidensial adalah sebuah sistem politik yang mana membedakan kekuasaan secara eksekutif dan kekuasaan secara legislatif. Sistem politik satu ini juga bisa disebut sebagai sistem kongresional. Sistem politik jenis presidensial menetapkan presiden yang menjadi kepala negara serta kepala pemerintahan secara sekaligus.

Dalam jenis sistem politik presidensial, presiden mempunyai kedudukan yang paling tinggi dan kuat sehingga tak bisa dijatuhkan oleh lembaga lain sekalipun di dalam suatu negara. Tetapi seorang presiden bisa dilengserkan dari jabatannya kalau ia melakukan pengkhianatan negara, melanggar konstitusi sampai mempunyai masalah kriminal. Presiden berwenang mengangkat pejabat pemerintah demi membantu menjalankan sistem pemerintahan.

5. Sistem Politik Totaliter atau Otoriter

Macam-macam jenis politik yang ada di berbagai negara dunia berikutnya adalah sistem politik dengan sifat totaliter atau otoriter. Adapun sistem politik totaliter adalah sebuah sistem yang mempunyai pedoman berdasarkan keputusan dari pemimpin kekuasaan tertinggi.

Di mana kekuasaan presiden berlaku dalam hal menentukan kebijakan ataupun peraturan yang ada di dalam masyarakat. Di dalam jenis sistem politik ini juga memiliki ciri khas yakni seorang pemimpin kekuasaan maupun partai politik pengusaha mempunya hak kuasa tidak terbatas.

6. Sistem Politik Anarki

Ada juga sistem politik diberbagai negara yang sifatnya anarki. Sistem tersebut hanya berlaku di dalam negara saja serta tidak berlaku secara internasional. Adapun sistem politik anarki adalah sebuah sistem yang mempunyai prinsip anarki sehingga di dalam negaranya tak ada pemerintah yang berdaulat serta memimpin negara.

Itulah beberapa jenis sistem politik yang ada di dunia ini serta ciri khas dari sistem politik tersebut. Umumnya di berbagai negara memakai sistem politik yang berbeda-beda sesuai berdasarkan dasar negara sebagai panutannya. 

Bagikan: